loading...

Wanita Wajib Tahu! Ternyata Ini Loh Manfaat AHA dan BHA dalam Produk Kosmetik! Baca Yuk...


Wanita Wajib Tahu! Ternyata Ini Loh Manfaat AHA dan BHA dalam Produk Kosmetik! Baca Yuk...

Salah satu kandungan skincare yang perlu diperhatikan adalah AHA-BHA.


Alpha-hydroxy acid (AHA) dan Beta-hydroxy acid (BHA) merupakan turunan asam hidroksil yang biasanya diekstrak dari buah-buahan. AHA bersifat larut dalam air dan BHA bersifat larut dalam minyak. Dalam produk kecantikan kedua asam ini dikenal sebagai exfoliator agent (agen pengelupas) dan ditemukan dalam bentuk  serum, toner, face wash (pencuci muka), moisturizer (pelembab) dan face mask (masker).


AHA yang umum digunakan dalam produk kecantikan diantaranya lactic acid, glycolic, tartaric dan citric, sedangkan jenis BHA terdiri atas salicylic acid dan beberapa jenis citric.

Baca Juga: Mengenal apa itu istilah Herd Immunity

AHA dan BHA berfungsi untuk mengatasi kelainan kulit akibat paparan sinar matahari, seperti warna kulit tidak merata, freckles  dan munculnya dark spot (bintik hitam). Semua masalah kulit ini terjadi karena adanya pigmentasi kulit, yakni penumpukan melanin pada lapisan luar kulit sebagai upaya perlindungan tubuh secara alami. Perlu diketahui bahwa melanin merupakan zat pemberi warna (cokelat) pada kulit, yang akan terbentuk saat sinar matahari mengenai kulit. Perlu diketahui bahwa melanin merupakan zat pemberi warna (cokelat) pada kulit, yang akan terbentuk saat sinar matahari mengenai kulit.  Meskipun pigmentasi kulit bisa terjadi karena pengaruh gen dan hormon, namun dampak dari paparan UVA dan UVB tidak bisa diabaikan.


Pigmentasi kulit dapat dibedakan berdasarkan lokasi penumpukan melanin, diantaranya epitelial (paling luar) dan dermal (lapisan dalam). Dalam hal ini, spesifikasi fungsi AHA dan BHA cukup berbeda. BHA dapat menjangkau lebih dalam dibandingkan AHA, dimana efek AHA dapat ditemukan di hydrophilic area sedangkan BHA pada liphophilic area.


AHA mampu mengurangi lapisan kulit mati dan proliferasi epidermal, sedangkan BHA mampu menghilangkan penyumbatan pori-pori dan mengurangi penumpukan sel kulit mati. Percobaan dengan menggunakan rangkaian produk AHA-BHA selama seminggu menunjukkan kulit lebih halus, kemerahan pada kulit berkurang dan kulit menjadi lebih cerah. Kombinasi kedua asam ini dengan penambahan asam retinoid juga terbukti dapat digunakan untuk mengatasi masalah jerawat. Meski demikian, perlu diperhatikan bahwa jenis dan sensitifitas kulit tiap orang berbeda sehingga efek yang ditimbulkan juga bervariasi.


Sumber Rujukan:

10.15442/apgr.23.2.3.

10.1111/jocd.12190


LihatTutupKomentar