loading...

Vitamin A (Retinol) | Vitamin untuk kesehatan mata, kulit kering, kekebalan tubuh | Mengenal Apa Itu Vitamin A dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Vitamin A (Retinol) | Vitamin untuk kesehatan mata, kulit kering, kekebalan tubuh | Mengenal Apa Itu Vitamin A dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Vitamin A adalah salah satu vitamin yang paling serbaguna dengan peran dalam beragam fungsi seperti penglihatan, pertahanan kekebalan tubuh, pemeliharaan lapisan tubuh dan kulit, pertumbuhan tulang, perkembangan dan reproduksi sel yang normal, serta banyak lagi. Molekul mikronutrisi ini pertama kali disintesis di laboratorium pada tahun 1947 oleh dua ahli kimia Belanda, van Dorp dan Arens. Vitamin A membantu jaringan di saluran pernafasan, saluran kemih, dan saluran pencernaan sebagai garis pertahanan pertama melawan flu. Vitamin A adalah mikronutrien esensial bagi manusia, artinya vitamin A tidak dapat disintesis dalam tubuh dan karenanya harus diperoleh dari sumber makanan. 

Vitamin A adalah nama kolektif untuk sekelompok biomolekul lipofilik (vitamin yang dapat larut dalam lemak) yang dibutuhkan oleh manusia untuk melakukan berbagai fungsi metabolisme vital. Vitamin A memiliki tiga bentuk molekuler utama, retinal (isoform aldehida), retinol (isoform alkohol), dan asam retinoat (RA) yang merupakan bentuk retinol yang teroksidasi. 

Vitamin A (disebut juga retinol pada mamalia) adalah vitamin yang larut dalam lemak. Manusia mengonsumsi dua jenis vitamin A, yaitu provitamin A dari tumbuhan dan vitamin A ‘non-aktif’ dari sumber hewani. Sumber utama vitamin A atau retinol yang telah dibentuk adalah hati, susu murni, minyak ikan, dan telur. Vitamin A hadir di banyak jaringan hewan dan mudah diserap dari sumber makanan di usus halus. Sumber nabati termasuk wortel, bayam, jagung kuning dan kentang. 

Metabolit esensial lipofilik ini dan senyawa turunannya memainkan peran penting dalam pengaturan banyak fungsi metabolik dan biologis termasuk pertumbuhan dan diferensiasi sel, reproduksi (spermatogenesis, oogenesis, perkembangan plasenta dan pertumbuhan embrionik), dan regulasi sistem kekebalan tubuh. Mikronutrien ini juga merupakan antioksidan penting yang melakukan proses penting untuk perlindungan terhadap kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas (ROS) yang dihasilkan dalam beberapa proses metabolisme dalam tubuh manusia. Pembersihan radikal bebas merupakan hal mendasar bagi kesehatan tubuh. 

Kadar Ideal Vitamin A dalam Tubuh 


Kelebihan atau kekurangan vitamin A sama-sama membawa dampak buruk bagi tubuh

Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kebutaan, penyakit, kematian, dan pada wanita hamil dapat menyebabkan cacat lahir yang buruk dalam berat dan panjang bayi. Kekurangan vitamin A terjadi dengan konsumsi kronis dari diet yang kekurangan vitamin A dan beta-karoten. Gejala kekurangannya adalah rabun senja dan kulit kering. Kekurangan vitamin A yang berkepanjangan dan parah dapat menghasilkan kebutaan total dan ireversibel. 

Hypervitaminosis A yang biasanya terjadi sebagai akibat dari pemberian sejumlah besar vitamin A (biasanya untuk tujuan terapi) dapat menyebabkan ketidaknyamanan serius dan penyakit melalui sifat oksidatifnya. Kemanfaatan vitamin A (juga kandungan lainnya) dapat dirasakan pada komposisinya yang ideal didalam tubuh. Demikian, zat gizi mikro harus disediakan dalam jumlah yang seimbang sehingga tubuh dapat memfungsikannya dengan aman dan benar. 

Mengonsumsi retinol dalam dosis besar dapat menyebabkan mual, muntah, sakit kepala dan kulit kering dan bersisik. Masalah kesehatan yang lebih parah akibat akumulasi vitamin A dalam tubuh adalah kerusakan hati, osteoporosis, dan gangguan sistem saraf. Toksisitas vitamin A dapat membunuh! Jaga total asupan vitamin A Anda kurang dari 3.000 ug per hari. 

Kimiawi Vitamin A 

Secara struktural, semua bentuk vitamin A memiliki cincin β-ionon yang melekat pada rantai isoprenoid (kelompok retinil), kedua bagian struktural ini sangat penting bagi vitamin untuk menjalankan aktivitas biologis. β-karoten (BC) yang merupakan pigmen pada wortel yang berwarna kekuningan hingga oranye adalah sumber nabati utama prekursor vitamin A. Sumber makanan hewan dari vitamin A adalah retinyl palmitate (RP) yang merupakan ester yang kemudian dikonversi menjadi bentuk alkohol (retinol) di usus halus. 

Asam retinoat (RA) adalah bentuk aktif dari retinol isoform vitamin A, yang berfungsi sebagai faktor pertumbuhan seperti hormon untuk sel-sel epitel dan banyak jenis sel lain dari jaringan yang berbeda dalam tubuh manusia. 

Fungsi Vitamin A Bagi Penglihatan 

Vitamin A diperlukan untuk pemeliharaan penglihatan. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan gangguan visual. Didalam mata kita, suatu bentuk vitamin A yang disebut retinal dikombinasikan dengan protein yang disebut opsin untuk menghasilkan rhodopsin, molekul penyerap cahaya penting yang dibutuhkan untuk melihat sekitar kita. 

Fungsi Vitamin A Bagi Imunitas 

Vitamin A, bersama dengan karoten tertentu dapat meningkatkan aktivitas sistem kekebalan tubuh dan membantu mengendalikan infeksi. Kekurangan vitamin A membahayakan sistem kekebalan tubuh dan dapat meningkatkan risiko penyakit dan kematian akibat penyakit seperti malaria dan campak. 

Vitamin A diperlukan baik untuk kekebalan bawaan (innate) dan adaptif karena berfungsi sebagai pemelihara dan mengembalikan integrasi permukaan mukosa dan fungsinya. Retinol dan turunannya diperlukan untuk pemeliharaan sel mukosa kulit yang bertindak sebagai penghambat biologis terhadap infeksi. Retinol juga diperlukan untuk pengembangan leukosit yang memainkan peran utama dalam meningkatkan respon imun 


Fungsi Vitamin A Bagi Pertumbuhan Sel 

Salah satu bentuk Vitamin A yakni asam retinoat adalah faktor pertumbuhan seperti hormon kunci untuk sel epitel dan jenis sel lain dalam tubuh. 

Fungsi Vitamin A Bagi Sel Darah 

Beberapa penelitian menyatakan bahwa vitamin A memfasilitasi mobilisasi akumulasi zat besi ke eritrosit yang berkembang di mana ia diintegrasikan ke dalam hemoglobin, protein kompleks pembawa oksigen. 

Fungsi Vitamin A Bagi Reproduksi 

Vitamin A penting selama perkembangan embriologis karena tanpa vitamin A, sel telur yang dibuahi tidak dapat berkembang menjadi janin. 

Fungsi Vitamin A Bagi Tulang 

Vitamin A berperan penting dalam fungsi normal osteoblas dan osteoklas. 

Fungsi Vitamin A Bagi Kulit 

Vitamin A menjaga kesehatan kulit normal. Aktivitas ini dikaitkan dengan aktifitas retinoat yang mengaktifkan gen yang mendiferensiasi sel kulit yang belum matang (keratinosit) menjadi sel epidermis dewasa. Gen tersebut menginisiasi pengendapan serat kolagen baru dan dengan demikian mencegah degradasi yang terjadi pada jenis kulit tersebut. 

Fungsi Vitamin A Sebagai Antikanker 

Asupan vitamin A memiliki hubungan yang kompleks dengan pencegahan kanker. Dosis kecil vitamin A atau β-karoten berkontribusi pada pencegahan kanker. Efek anti-kanker dari β-karoten berasal dari kemampuannya untuk mencegah spesies oksigen reaktif (ROS). 


Sumber Rujukan: 

FCS8639 
10.1016/j.nut.2011.08.015 
10.3390/molecules16021055 
10.3390/nu3040385 
10.1371/journal.pone.0089069 
10.1093/biolre/ioz186 
Researchgate: 260210805 
Researchgate: 225187885
LihatTutupKomentar