loading...

Kesenjangan Digital: Bagaimana Akses Internet di Rumah dan Dukungan Orang Tua memengaruhi Hasil Siswa?

Kesenjangan Digital: Bagaimana Akses Internet di Rumah dan Dukungan Orang Tua memengaruhi Hasil Siswa?


Abstrak. Penelitian ini menguji hubungan antara akses Internet di rumah / dukungan orang tua dan hasil siswa. Data survei dikumpulkan dari 1.576 siswa sekolah menengah di Cina. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif, independent-samples T-test, dan analisis regresi. Hasil menunjukkan bahwa siswa yang memiliki akses Internet di rumah melaporkan skor yang lebih tinggi daripada mereka yang tidak memiliki internet di rumah pada ketiga dimensi: efikasi diri computer dan Internet, Sikap terhadap teknologi dan karakteristik perkembangan. Akses Internet di rumah dan dukungan orang tua secara positif terkait dengan kemanjuran teknologi, minat terhadap teknologi, persepsi akan pentingnya Internet, dan dampak yang dirasakan dari Internet terhadap pembelajaran. Temuan dari penelitian ini memiliki implikasi yang signifikan untuk penelitian dan praktik tentang cara mempersempit kesenjangan digital. 

Resume:

Siswa yang memiliki akses internet rumahan cenderung menghabiskan waktu penggunaan perambah dibandingkan dengan siswa tanpa akses internet rumahan. Hal lainnya yang juga berlaku yakni siswa yang didukung orang tua dalam mengakses internet lebih banyak menghabiskan waktu penggunaan internet dibandingkan siswa tanpa dukungan orang tua yang tetap memiliki akses internet. siswa dengan dukungan orang tua terlibat dalam berbagai aktivitas online di sekolah daripada siswa tanpa dukungan orang tua. 

Skill IT amat penting bagi siswa dalam membantunya memperluas jangkauan literasi


Penelitian ini mengukur efikasi diri computer dan internet, sikap terhadap teknologi dan karakteristik perkembangan. Siswa yang memiliki akses ke Internet di rumah melaporkan skor yang lebih tinggi daripada mereka yang tidak memiliki Internet di rumah pada ketiga dimensi tersebut. siswa yang memiliki dukungan orang tua dan memiliki akses Internet di rumah cenderung menunjukkan efikasi diri terhadap komputer yang lebih tinggi dan efikasi diri terhadap internet daripada rekan-rekan mereka setelah mengendalikan waktu yang dihabiskan di Internet dan akses Internet sekolah. 


Meskipun investasi besar dalam dan pesatnya pertumbuhan teknologi informasi di masyarakat pada umumnya dan sekolah pada khususnya, kesenjangan digital masih merupakan tantangan serius, terutama dalam hal akses teknologi rumah. Masalah akses tidak hanya mencakup siapa yang mampu membeli komputer dan mendapatkan koneksi Internet, tetapi juga siapa yang dapat menggunakan Internet dan mengoperasikan perangkat lunak. Pengguna yang tidak dapat berpartisipasi secara efektif di berbagai peluang dan teknologi informasi yang disediakan tidak dapat dikatakan memiliki "akses". 

Tahun: 2012 
DOI: 10.3390/educ2010045 
LihatTutupKomentar