loading...

Isolasi Mikroorganisme Pelarut Fosfat (PSMs) dari Tanah


Isolasi Mikroorganisme Pelarut Fosfat (PSMs) dari Tanah

Abstrak. Tanaman memperoleh fosfor dari larutan tanah sebagai anion fosfat. Ini adalah unsur paling tidak bergerak dalam tanaman dan tanah yang bertentangan dengan makronutrien lainnya. Fostaf ini mengendap di tanah sebagai ortofosfat atau diserap oleh Fe dan Al oksida. Bakteri pelarut fosfor berperan dalam nutrisi fosfor dengan meningkatkan ketersediaannya bagi tanaman melalui pelepasan dari endapan penuh P tanah organik dan anorganik dengan pelarutan dan mineralisasi. Mekanisme utama dalam tanah untuk pelarutan mineral fosfat adalah menurunkan pH tanah dengan produksi asam organik dan mineralisasi P organik oleh asam Phosphatase oleh mikroba. Penggunaan bakteri pelarut fosfor sebagai inokulan meningkatkan serapan P. Bakteri ini juga meningkatkan prospek menggunakan batuan fosfat dalam produksi tanaman. Efisiensi yang lebih besar dari bakteri pelarutan P telah ditunjukkan melalui koinokulasi dengan bakteri bermanfaat lainnya dan mikoriza. Artikel ini menggabungkan perkembangan terbaru tentang pelarutan P mikroba menjadi pengetahuan klasik tentang subjek.

Resume:

Terdapat istilah kelasi/mengkelat/kelat yang merupakan senyawa yang mampu mengikat senyawa lain pada dua atau lebih lokasi pada senyawa tersebut. Ikatan ini menyebabkan senyawa tersebut tidak berikatan dengan senyawa lainnya. Beberapa spesies bakteri memiliki potensi mineralisasi dan pelarutan untuk fosfor organik dan anorganik, masing-masing Kegiatan pelarutan fosfor ditentukan oleh kemampuan mikroba untuk melepaskan metabolit seperti asam organik, yang melalui gugus hidroksil dan karboksilnya mengkelat kation terikat pada fosfat, yang terakhir adalah dikonversi ke bentuk terlarut. 

Pelarutan fosfat terjadi melalui berbagai proses / mekanisme mikroba termasuk produksi asam organik dan ekstrusi proton. Pelarutan fosfor dilakukan oleh sejumlah besar bakteri saprofitik dan jamur yang bekerja pada fosfat tanah yang sangat larut, terutama dengan mekanisme yang dimediasi Kelasi. Inorganic P dilarutkan dengan aksi asam organik dan anorganik yang disekresikan oleh PSM di mana gugus asam hidroksil dan karboksil asam kation chelate (Al, Fe, Ca) dan menurunkan pH di tanah dasar. PSM melarutkan P tanah melalui produksi molekul asam organik ringan terutama asam glukonat dan keto glukonat selain menurunkan pH rhizosfer. PH rhizosfer diturunkan melalui produksi biotik dari pelepasan proton / bikarbonat (keseimbangan anion / kation) dan pertukaran gas (O2 / CO2).

Data penelitian isolasi mikroorganisme pelarut fosfat


Menurut literatur, Pikovskaya’s agar medium (PVK) merupakan media selektif bagi isolasi PSM dengan pH 7. 

Medium PVK digunakan pada penelitian ini sebab kineeja spesifiknya dalam isolasi PSM. Hal tersebut dimungkinkan sebab adanya kandungan kalsium trifosfat yang menjadi zona halo pada isolate. 
LihatTutupKomentar