ads here

Cari Referensi: Efek Densitas Tanaman Terhadap Karakteristik Bagian Fotosintetik Pada Bawang Putih (Allium sativum var. vulgare L.)

advertise here



Abstrak. Studi lapangan dilakukan untuk mempelajari respon bawang putih menurut densitas tanaman sekitarnya: 300.000; 450.000; 600.000; 750.000; dan 900.000 tanaman/Ha. Penelitian ini berlangsung selama 2 tahun. Pengukuran tanaman dimulai setelah hari ke-40 penanaman dan dilakukan dengan interval 10 hari. Delapan pengukuran dilakukan setiap tahunnya dan ciri lainnya yang juga diukur berupa: jumlah daun per tanaman, luas permukaan daun, dan indeks area daun. Parameter berikut digunakan untuk menentukan efek kepadatan tanaman terhadap bagian fotosintetik tanaman bawang putih. Efek ini ditemukan berpengaruh, namun pada tingkat yang bervariasi. Densitas tegak tanaman berpengaruh paling maksimum pada indeks area daun dan paling minimum pada luas daun. Data dikumpulkan selama eksperimen dan kenampakan dari tanaman bawang putih tersebut menunjukkan hasil maksimal pada densitas sedang (600.000 dan 750.000 tanaman/Ha). Pada densitas tersebut, bawang putih mengembangkan bagian fotosintetik yang maksimal dan tunas (bawang putih) terlihat besar dan seragam. 

Resume:

Jumlah daun per tanaman merupakan faktor penting dalam mendapatkan hasil produksi tanaman. Faktor lainnya yang juga memengaruhi seperti genotipe, keseluruhan tingkat perkembangan tanaman dan iklim). Jumlah daun per tanaman akan meningkat pada titik tertentu dan seiring waktu akan mengalami pengurangan. Pada kasus penelitian ini ditemukan bahwa jumlah daun akan semakin sedikit seiring bertambahnya densitas tanaman. Luas permukaan daun merupakan indikator utama dalam mengukur fotosintesis tanaman, dimana hal tersebut menggambarkan ukuran sinar matahari yang akan diserap. Luas daun dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti jumlah presipitasi dan penggunaan pupuk. 

Densitas tanaman tidak menjadi faktor utama dalam menentukan morfologi luas area daun pada penelitian ini. Bentuk daun bawang putih yang menyempit dan tegak cenderung tidak membayangi daun lainnya yang merupakan hal baik dalam fotosintesis. 

Indeks luas daun merupakan faktor penting dalam menentukan kapasitas fotosintesis dan amat penting dalam menentukan tingkat aktifitas fotosintesis dan hasilnya. Semakin maksimalnya nilai indeks menandakan maksimalnya aktifitas fotosintetik. 

Hasil akhir penelitian ini menyatakan bahwa laju optmum fotosintesis didapatkan pada densitas 600.000 hingga 900.000 tanaman/Ha. 
 
Tahun: 2014
DOI: 10.5897/AJB11.105